Rabu, 04 April 2012

membuat sarang ternak semut rangrang dari bambu

Cara Pembuatan  kandang ternak semut rangrang

 







Pada dasarnya bahan yang digunakan untuk media ternak semut rangrang dapat menggunakan  aneka bahan baik yang membeli maupun gratisan, antara lain toples plastik, potongan bambu, pralon ataupun bahan lain.
Sebagai contoh media ternak semut rangrang akan saya contohkan 2 media, yaitu :

1.Bambu /pipa paralon

Untuk membuat media ternak semut rangrang dengan menggunakan media bambu / pipa paralon dibutuhkan beberapa bahan, antara lain :
- Bambu pipa paralon yang berdiameter agak besar, minimal 7 cm. Dengan panjang bervariasi, buat saja   rata-rata 40 cm ( bambu bisa kita beli atau bahkan minta gratis dari sisa pekerjaan bangunan).
- Bilahan bambu / potongan papan sebagai pengikat bambu / pipa paralon
- Kayu penyangga untuk rak
- kaleng untuk perendam kaki –kaki kayu penyangga dengan air, agar semut tidak pergi dan tidak diserang oleh predator lainnya.
- Bahan-bahan pertukangan untuk megerjakannya. 

Setelah rak kayu selesai kita siapkan, potongan bambu / pipa paralon kita tata pada papan pengikat yang telah kita satukan dengan paku, susun dalam posisi mendatar sehingga membentuk seperti sarang lebah.
Setelah bahan siap digunakan kita tinggal mencari rumah / sarang semut rangrang yang ada di alam masih pada pohon.
Usahakan dalam mencari sarang  adalah yang terdapat ratu semutnya. Karena ratu semut tersebut yang akan menghasilkan telor dalam usaha pengembangan ternak kroto yang akan kita lakukan.
Setelah kita mendapatkan sarang semut rangrang yang terdapat ratunya, ambil beserta sarangnya.
Letakan sarang di atas susunan bambu yang telah kita tata rapi, yang telah kita masuki daun hijau pada bagian dalam masing-masing bambu sebagai pemancing semut rangrang agar mau masuk dan bersarang ke dalam bambu.
Apa bila dalam pencarian sarang semut di alam kita kesulitan menemukan sarang yang berisi ratu,  usakan kita menemukan sarang yang banyak terdapat krotonya. Karena biasanya di kumpulan kroto tersebut terdapan bakalan ratu maupun raja semut rangrang.

Bila semut rangrang sudah mulai nyaman dan mau bersarang di sarang buatan kita, maka kita tinggal melakukan perawatan rutin. Dan menjaga kenyamanan lingkungan ternak.
Pemberian pakan yang berupa serangga atau pun sisa tulang menjadi sangat wajib.
Dengan pemberian 2-3 hari sekali. Jangan lupa berikan pengembunan pada lokasi sarang dengan menyemprot air gula/ madu pada sekita sarang tangkaran.
Tunggu minimal 2 minggu, lihat hasilnya telur dan larva semut muda pasti sudah semakin banyak.
Tinggal kita mau menjual atau mau mengembangkan lebih dulu untuk memperbanyak koloni.



7 komentar:

  1. saya sangat tertarik,,dan bisa membuka lapangan pekerjaan bagi penduduk indonesia

    BalasHapus
  2. mas saya sangat ter tarik dengan info yang sampian tampilkan salam kenal sebelumnya,tolong kasi info cara manennya ke alamat imail saya
    no.sutris11@yahoo.co.id
    dan jangan lupa mampir ke blog saya
    http://lebihdaripegawai.blogspot.com/
    makasih

    BalasHapus
  3. Semoga info ini menjadi inisiatif para pengangguran seperti saya. terimakasih infonya gan... salam sukses selalu. Salam kenal dari Masyonow.com

    BalasHapus
  4. SayA sangat tertarik tolong minta info untuk cara memanenya dan daun yg digunakan utuk memancing agar mau membuat sarng bls di email saya andixpermana86@yahoo.com trimakasi banyak

    BalasHapus
  5. sangat sangat inspiratif..semoga bisa saya tiru...dimana tempat beli biibitnya min?

    http://lokerharian.com

    BalasHapus
  6. Daun apa bang? Masih nggak mau masuk ke bambu semutnya

    BalasHapus