Kamis, 03 Mei 2012

TANDA-TANDA SEMUTRANGRANG BERKEMBANG DALAM TERNAKAN

Tanda tanda awal bahwa semut rangrang yang kita rawat berhasil berkembang dan mulai cocok dengan lokasi yang kita sediakan antara lain :




- semut rangrang mulai membangun labirin sebagai media meletakan telur dan larva mereka.




- mulainya bertambah telur baru sebesar butiran gula pasir sebagai tanda ratu semut sudah mulai produksi telur.

- jumlah teur dan kroto semakin banyak.
- semut rangrang mulai lahap memakan pakan dan minuman air gula yang kita berikan 

7 komentar:

  1. saya mau tanya gan. atau tepatnya konsultasi juga bisa.
    2 minggu yang lalu saya mencoba praktek ternak semut rangrang. (sementara ini baru sedikit karena baru uji coba). saya ambil semt rangrang dari alam kurang lebih satu ember ukuran 30 iter penuh. kemudian kroto dan semutnya saya tempatkan dalam 14 toples dan langsung saya letakkan di atas rak. permasalahan yang ingin saya tanyakan:
    1. setelah beberapa hari kok semutnya ngumpul jadi satu dalam satu toples ya? penyebabnya apa?
    2. semut yang ngumpul dalam satu toples tadi sekarang sudah mulai ada labirin dan ada telur baru, alias semutnya dah kerasan. apakah kalau toples yang ditempati sekarang sudah penuh, semut-semutnya mau menempati toples yang lain?
    3. apakah perlu saya bagi lagi semut yang sudah kerasan tadi ke dalam beberapa toples?
    demikian bebrapa pertanyaan dari saya. atas pencerahannya disucapkan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. slamat sore, 1.2. khas semut rang-rang adalah mereka berkelompok dan dapat mengenal kelompok mereka mungkin juga dari bau atau apa saya juga blm faham. sehingga ketika mereka dipisah pisah juga akan mencari lagi. kalau yang anda lakukan tanpa memberi alas pada tiap toples maka sudah wajar mereka berkumpul kembali. kalu yang anda lakukan tanpa pembatas pada toles maka biarkan mereka di satu toles. biasanya begitu toles meeka rasa penuh maka mereka akan mencari tempat baru untuk bersarang.
      3. kalaupun itu anda bagi maka akan ngunpul lagi, kecuali seperti yang saya terapkan toples saya batasi nampan yang saya beri air sehingga semut hanya dapat berada di sekitar toples . bila nanti toples sudah terlihat penuh untuk penggandaan kelompok bisa dengan memberikan jembatan penyebrangan ke toples baru dan memindah tempat makan dan bila sudah terlihat kelompok baru maka jembatan bisa diambil.
      demikian yang bisa saya asmpaikan dan yang saya alami semoga bisa membantu. salam kroto

      Hapus
    2. terma kasih pencerahannya gan, membantu sekali.

      Hapus
  2. mau nanya boss....pada waktu memanen kroto apa ada tehnik tertentu biar gak merusak sarang, karena pasti semutnya berhamburan dan kuatir saya tidak mau bersarang kembali di sarang yang di panen..ato memang setiap habis panen harus menyediakan tempat bersrang baru?mohon bantuannya

    terima kasih pencerahannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mas broooo,,,,,,,,,,,gampang

      Hapus
    2. Kira kira caranya bagaimana masbro... saya tunggu jawabannya mas bro... ni email saya mas bro... masyonow@gmail.com

      Maaf ni saya sedang obok-obok blog njenengan masbro. kayaknya banyak banget infonya tentang kroto mas bro....

      dan saya berterimakasih banget njenengan telah membuat blog sebagai media baca seperti ini, sehingga pengangguran seperti saya punya inspirasi baru untuk menambah pendapatan mas bro. makasih makasih makasih.... saya tunggu jawabannya ya...

      Hapus